Gerakan Shalat Dhuha dan Literasi di MTsN 15 Ciamis merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh seluruh siswa. Kegiatan shalat dhuha ini dilaksanakan sebelum jam pertama masuk  di lapangan sekolah karena daya tampung mesjid tidak memadai untuk menampung seluruh siswa-siswi. Walaupun demikian tidak mengurangi semangat dan kekhusyuan para siswa dalam melaksanakan ibadah shalat dhuha. 

Seperti kita ketahui Shalat Dhuha merupakan wasiat dari baginda Rasulullah SAW.

“Shalat Dhuha adalah wasiat khusus dari Nabi ` kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari)

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa ia berkata, ‘Kekasihku (Rasulullah) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (HR. Bukhari)

Jelas dari hadits tersebut, bahwasanya Rasulullah mewasiatkan umatnya untuk sebisa mungkin merutinkan shalat Dhuha !

Setelah selesai shalat, siswa diberikan pengarahan dan tausyiah dari dewan guru yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan literasi. Kegiatan Literasi ini bertujuan untuk memacu para siswa untuk gemar membaca, baik buku fiksi maupun non fiksi. Karena dengan membaca lah para siswa dapat membuka jendela dunia dan membuka inspirasi-inspirasi terbaik mereka. 


#AaWahyu84

Post a Comment Blogger

 
Top